Ad Code

Responsive Advertisement

PENYEBAB MUNCULNYA UBAN PADA USIA MUDA

PENYEBAB MUNCULNYA UBAN PADA USIA MUDA


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai penyebab munculnya uban pada usia muda. Uban merupakan rambut putih yang umumnya tumbuh pada orang yang sudah lanjut usia. Namun terkadang uban juga dapat tumbuh disaat usia muda. Munculnya uban sering dapat mengakibatkan kepala pusing bahkan terkadang terasa sedikit gatal-gatal. Baiklah langsung saja ini penyebab munculnya uban pada usia muda:

1. Akibat Stres
Stres merupakan salah satu penyebab dari munculnya uban saat usia muda. Stres dapat memicu tubuh untuk memproduksi zat yang dapat merusak DNA. Selain itu stres juga dapat memicu radikal bebas yang dapat memengaruhi produksi melanin, dimana melanin ini merupakan pigmen yang bertanggung jawab terhadap warna rambut.

2. Akibat Merokok
Merokok merupakan salah satu perbuatan yang tentunya berefek buruk pada kesehatan termasuk rambut. Merokok juga dapat mempengaruhi timbulnya uban dan mempercepat proses penuaan. Dengan merokok, sirkulasi Darah dalam tubuh akan melambat sehingga mempercepat tumbuhnya uban.

3. Akibat Kurangnya Minum Atau Dehidrasi
Kurang minum atau dehidrasi selain dapat mengakibatkan tubuh menjadi lemas, dehidrasi juga dapat mempercepat tumbuhnya uban. Dehidrasi dapat menyebabkan kurang lembabnya dalam tubuh dan menghambat nutrisi yang mencapai folikel rambut sehingga menyebabkan tumbuhnya uban.

4. Kekurangan Copper
Copper merupakan suatu zat yang banyak terkandung dalam makanan seperti lobak, kacang-kacangan, ubi jalar, bayam, daging serta buah-bauahan seperti blackberry, nanas, delima, almond, dan biji labu.
Jika kekurangan zat copper ini, maka dapat meningkatkan resiko tumbuhnya uban.

5. Kekuragan Yodium
Sudah tidak asing lagi mendengar nama dari kandungan yang satu ini. Kandungan yodium banyak terdapat pada wortel dan bayam. Bahkan sekarang sudah banyak pabrik yang menambahkan kandungan yodium pada garam. Dengan makan makanan yang mengandung yodium, kita dapat terhindar dari resiko tumbuhnya uban diusia muda. Selain itu yodium juga membantu untuk menghindari resiko dari penyakit gondok dimana penyakit gondok ini diakibatkan karena kekurangan yodium.

6. Kekurangan Protein
Protein juga dapat membantu mengurangi resiko tumbuhnya uban. Dengan makan makanan yang mengandung protein, kesehatan tubuh akan terjaga termasuk kulit dan rambut.

7. Kualitas Tidur
Kualitas tidur yang baik yaitu tidur dengan waktu yang cukup sehingga akan membuat tubuh menjadi rileks dan lebih santai. Selain itu dapat meremajakan sel-sel tubuh dan juga mengurangi tingkat stres yang dimana stres ini dapat mempercepat tumbuhnya uban.


Sekian artikel saya kali ini mengenai penyebab munculnya uban pada usia muda, semoga bermanfaat.


Reactions

Post a Comment

0 Comments