Ad Code

Responsive Advertisement

PENGARUH PEMAKAIAN HEADSET TERHADAP KESEHATAN

PENGARUH PEMAKAIAN HEADSET TERHADAP KESEHATAN


Pada kesempatan ini, saya akan membahas mengenai pengaruh pemakaian headset terhadap kesehatan. Headset merupakan salah satu alat elektronik yang digunakan untuk mendengarkan musik yang diletakkan pada dua telinga. Di zaman modern ini kita banyak menemukan orang-orang yang sering memakai headset. Mereka menganggap bahwa pemakaian headset sangat praktis dan mudah di bawa kemana saja sehingga mereka dapat mendengarkan musik pada kapan dan dimana saja.

Namun banyak yang diantara kita yang belum mengetahui dampak dari pemakaian headset itu sendiri. Pemakaian headset yang sangat sering dan dalam waktu yang lama akan mengakibatkan gangguan terhadap kesehatan terutama telinga, karena telingalah yang pertama kali berkontak langsung dengan headset tersebut. Untuk lebih jelasnya, pengaruh pemakaian headset terhadap kesehatan:


1. Dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada telinga.
Telinga merupakan organ yang pertama kali berkontak langsung dengan headset tersebut. Jika kita memakai headset dalam waktu jangka yang lama, maka akan terjadi kerusakan permanen pada telinga hingga dapat mengakibatkan kehilangan pendengaran. Ini disebabkan karena telinga tidak mampu lagi menahan beban suara yang begitu keras dan dalam waktu yang lama. Hal ini biasanya terjadi pada saat remaja.

2. Dapat mengakibatkan kehilangan pendengaran pada usia 20-an.
Efek atau dampak dari penggunaan headset yang berlebihan ini memang tidak langsung dapat dirasakan pada penggunanya. Biasanya pengguna akan merasakan dampak tersebut pada usia 20-an. Pada saat itu si pengguna secara perlahan akan kehilangan kemampuan pendengarannya.

3. Dapat mengakibatkan kerusakan otak.
Saat mendengarkan musik dengan menggunakan headset, headset tersebut akan mengeluarkan gelombang elektromagnetik yang mengarah pada gendang telingan dan lama kelamaan mengarah pada otak. Menurut beberapa hasil penelitian atau percobaan, gelombang elektromagnetik ini dapat menyebabkan kerusakan pada otak tikus. Meskipun begitu, belum ada penelitian secara pasti mengenai pengaruhnya terhadap otak. Tapi tidak ada salahnya kita tetap berhati-hati.

4. Dapat mengakibatkan ambang pendengaran.
Mendengarkan musik dengan headset atau earphone dalam volume yang sangat keras serta dalam waktu yang sangat lama dapat mengakibatkan ambang pendengaran. Umumnya hal ini terjadi dalam jangka waktu yang lama dan lama kelamaan akan kehilangan pendengarannya. Penggunaan headset yang tergolong normal untuk orang dewasa adalah 25-45 desibel dan untuk anak-anak adalah 20-40 desibel.


Itulah tadi penjelasan mengenai pengaruh pemakaian headset terhadap kesehatan. Sebaiknya kita menjaga kesehatan dengan memperbaiki kebiasaan yang buruk seperti mendengarkan musik menggunakan headset atau earphone dengan berlebihan. Karena sesungguhnya segala hal yang dipergunakan secara berlebihan akan menghasilkan sesuatu yang buruk.

Sekian postingan saya kali ini, semoga dapat bermanfaat! Jangan lupa tinggalkan komentar ya....


Reactions

Post a Comment

1 Comments