Ad Code

Responsive Advertisement

DESKRIPSI SISTEM TATA SURYA BESERTA ISINYA

SISTEM TATA SURYA BESERTA ISINYA

Benda-benda langit ada yang dapat memancarkan cahayanya sendiri yang disebut Bintang. Contoh bintang adalah Matahari. Sedangkan benda langit yang tidak dapat memancarkan cahayanya sendiri disebut Planet. Susunan benda-benda langit yang bergerak pada garis edarnya mengelilingi Matahari disebut Tata Surya. Matahari selain merupakan bintang, juga merupakan pusat Tata Surya. Saat ini, anggota Tata surya kita terdiri dari delapan planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Berikut deskripsi tentang matahari dan planet-planet yang berada di Tata Surya:

A. Matahari


~Matahari adalah benda langit berupa bola gas yang tersusun oleh gas hidrogen dan helium. Matahari memiliki gravitasi yang cukup kuat mengikat sehingga tak tersebar. Kekuatan gravitasi matahari juga dapat menekan pusat nuklir sehingga tidak terjadi ledakan.

~Suhu pada permukaan sekitar 6000oC dan suhu pada inti matahari tidak merata.

~Sebagian besar tubuh matahari terdiri dari gas hidrogen. Ada juga gas helium, sedikit zat lemas, dan unsur berat seperti besi dan nikel. Pada pusat matahari setiap detik ada 600 juta atom hidrogen dibakar menjadi helium melalui reaksi nuklir.

~Massa matahari kira-kira 1,989 x 1033 gr. Garis tengahnya kira-kira 1,4 juta km. Kira-kira 109 kali garis tengah bumi. Jarak matahari ke Bumi kurang lebih 150 juta km.

~Para ahli memperkirakan umur matahari sekitar 4.600 juta tahun. Dengan jumlah hidrogen yang dimilikinya, diperkirakan matahari masih terus melangsungkan pembakaran nuklirnya hingga 5000 juta tahun lagi.



B. Planet


~Planet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan lintasan tertentu dan bergaris tengah lebih besar dari 4.000 juta km. Planet memantulkan cahaya yang diterima matahari. Dulu, sistem tata surya terdapat sembilan planet (termasuk pluto). Namun saat ini hanya terdapat 8 planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Pada tanggal 25 agustus 2006, pluto telah dikeluarkan dari sistem tata surya (lihat SIDANG DAN ALASAN DIKELUARKANNYA PLUTO DARI SISTEM TATA SURYA).

~Lintasan edar planet untuk mengitari matahari disebut orbit. Peredaran planet mengelilingi matahari disebut revolusi. Waktu yang dibutuhkan planet untuk melakukan satu kali revolusi disebut kala revolusi. Semakin jauh lintasan planet dari matahari, semakin lama kala revolusinya.

~Planet-planet dapat mengelilingi matahari disebabkan karena adanya gaya gravitasi matahari. Semua planet memiliki gaya gravitasi, tetapi besarnya berbeda-beda.

~Dalam peredaran mengelilingi matahari, setiap planet beredar pada suatu bidang yang disebut bidang edar. Bidang edar untuk bumi disebut bidang eliptika.

~Ditinjau dari lintasan edarnya terhadap lintasan edar bumi, planet-planet dibagi menjadi 2 bagian yaitu planet dalam dan planet luar. Planet dalam adalah planet yang lintasan edarnya terletak di antara matahari dan lintasan edar bumi. Yang termasuk planet dalam adalah Merkurius dan Venus. Sedangkan planet luar adalah planet yang lintasan edarnya lebih jauh dari lintasan edar bumi. Yang termasuk planet luar adalah Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

~Planet-planet juga berputar pada porosnya disebut rotasi. Waktu yang dibutuhkan planet untuk melakukan satu kali rotasi disebut kala rotasi. Bumi membutuhkan waktu untuk rotasi selama 1 hari atau 24 jam.

1. Merkurius


~Merkurius merupakan planet yang paling dekat jaraknya dengan matahari.

~Pada siang hari suhunya mencapai 400oC dan pada malam hari suhunya mencapai 180oC di bawah nol.

~Diameter planet merkurius adalah 4.862 km, sehingga planet merkurius merupakan planet terkecil dalam tata surya. Merkurius hanya sedikit lebih besar dari bulan. Hasil pemotertan dari pesawat luar angkasa Mariner 20 menunjukkan bahwa planet merkurius merupakan planet yang tandus. Permukaannya bergunung-gunung, berbukit-bukit, dan berlembah.

~Atmosfer dari planet merkurius terdiri dari gas natrium dan kalium yang sangat tipis sehingga kadang-kadang dikatakan bahwa planet ini tidak memiliki atmosfer.

~Jarak merkurius dengan matahari sekitar 58 juta km. Kala revolusinya 88 hari dan kala rotasinya 59 hari.

~Karena letaknya yang paling dekat dengan matahari, merkurius terlihat terang. Tidak mudah melihat merkurius dengan mata telanjang. Kadang-kadang menampakkan diri sebagai titik kecil pada saat matahari terbenam atau pada saat senja. Orang biasa menyebutnya dengan bintang senja atau bintang pagi.

~Tekanan atmosfer planet merkurius sangat rendah, jauh lebih kecil daripada bumi. Hal ini yang mengakibatkan tidak mungkin ada kehidupan di sana. Planet ini tidak mempunyai satelit.


2. Venus


~Venus adalah planet kedua yang paling dekat dengan matahari, terletak di antara orbit merkurius dan orbit bumi. Venus biasanya tampak bercahaya terang. Kadang-kadang terlihat di sebelah timur sebelum matahari terbit sehingga dinamakan juga bintang fajar atau bintang kejora.

~Planet venus sangat panas. Suhunya dapat mencapai 465oC. Ini terjadi karena venus ditutupi kabut yang sangat tebal seperti selimut yang menjaga agar sinar matahari tidak terpantul keluar. Akibatnya, suhu dipermukaan planet venus menjadi tinggi.

~Planet venus memiliki garis tengah 12.200 km. Ukurannya tidak jauh berbeda dengan ukuran bumi. Jarak planet venus dengan matahari kira-kira 108,2 juta km. Kala revolusi planet venus 225 hari dan kala rotasinya 243 hari.

~Arah rotasinya berbeda dengan planet lainnya, yaitu berotasi dari timur ke barat. Sehingga matahari terlihat terbit dari barat.

~Atmosfer planet venus tersusun atas gas karbon dioksida sebanyak 96%, nitrogen 3%, dan gas lain 1%. Tekanan atmosfer planet venus sangat tinggi, yaitu dapat mencapai 90 kali tekanan atmosfer bumi. Hal ini yang menyebabkan tidak adanya kehidupan di planet venus. Planet venus tidak mempunyai satelit.


3. Bumi


~Bumi adalah planet ketiga dari matahari. Bumi merupakan satu-satunya planet yang dihuni makhluk hidup.

~Permukaannya terdiri dari daratan dan lautan. Dari ruang angkasa, permukaan bumi dapat dikenali karena berwarna hijau kebiru-biruan. Bumi berbentuk bulat dan berdiameter kira-kira 12.760 km. Jarak bumi ke matahari adalah 150 juta km.

~Waktu yang dibutuhkan untuk satu kali mengelilingi matahari (kala revolusi) adalah 365 1/4 hari. Kala revolusi bumi ditetapkan sebagai angka 1 tahun. Kala rotasi bumi adalah 24 jam atau 1 hari.

~Atmosfer bumi tersusun atas gas nitrogen 78%, oksigen 21% dan gas-gas lain 1% yaitu argon, hidrogen, karbon dioksida, helium dan lain-lain. Kompsisi yang demikian memungkinkan makhluk hidup ada di bumi. Atmosfer bumi berguna untuk melindungi bumi dar bahaya radiasi sinar matahari. Dengan adanya lapisan atmosfer, suhu bumi pada siang hari tidak terlalu panas dan pada malam hari tidak terlalu dingin.

~Bumi memiliki satu satelit yaitu bulan. Bulan selalu mengelilingi bumi dalam peredarannya mengelilingi matahari.

~Bumi juga mengelilingi gaya gravitasi. Gaya inilah yang menyebabkan benda tetap melekat di atasnya dan tidak terlempar ke angkasa.


4. Mars


~Planet mars disebut juga planet merah. Disebut demikian karena jika dilihat langsung dengan mata atau dengan teropong tampak berwarna kemerah-merahan.

~Mars mempunyai saat-saat bersinar terang dan saat-saat bersinar lemah. Pada saat terang kita mudah melihat planet mars di langit, yaitu saat bumi berada di antara mars dan matahari, tetapi bukan segaris. Pada saat bersinar lemah, mars berada paling jauh dari bumi dan tampak seperti planet merah.

~Pada permukaan mars terdapat kawah-kawah dengan diameter kawah mencapai 200 km. Pada kawah tersebut terlihat gejala erosi akibat adanya udara yang tipis.

~Planet mars memiliki diameter 6.780 km. Jarak mars ke matahari kira-kira 228 juta km. Kala rotasi 24,6 jam. Kala revolusi 687 hari.

~Gaya gravitasi mars lebih kecil dibandingkan gaya gravitasi bumi.

~Planet mars memiliki 2 buah satelit yaitu demos dan phobos. Bentuk kedua satelit ini tidak bulat seperti bulan, melainkan sedikit lonjong.

~Pada siang hari suhu rata-rata 50oC sampai 60oC. Pada malam hari suhunya sangat dingin mencapai 100oC di bawah nol.

~Atmosfer planet mars terdiri atas gas karbon dioksida (hampir 95%). Sisa yang 5% adalah oksigen, nitrogen, dan argon. Tekanan atmosfernya juga sangat rendah yaitu 0,005 kali tekanan atmosfernya bumi.

~Keadaan mars memiliki beberapa kemiripan dengan keadaan di bumi. Sampai saat ini manusia masih terus menyelidiki apakah di mars ada kehidupan atau tidak.


5. Yupiter


~Yupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya. Menurut orang yunani kuno, yupiter adalah raja langit. Nama tersebut memang cocok karena yupiter adalah planet terbesar.

~Massanya kurang lebih 300 kali massa bumi, sehingga yupiter disebut juga “benda raksasa”.

~Planet ini kelihatan sangat cerah karena hampir 70% cahaya matahari yang diterimanya dipantulkan kembali.

~Planet ini biasanya berwarna merah kecoklatan.

~Diameter planet yupiter adalah 142.984 km atau sekitar 11 kali diameter bumi. Jarak yupiter ke matahari adalah 778 juta km. Kala rotasinya 9 jam 55 menit. Kala revolusinya 11,9 tahun.

~Atmosfer planet yupiter terdiri dari hidrogen dan helium. Atmosfernya dapat mencapai ketebalan 1.000 km dan tidak ada batas yang jelas antara atmosfer dan permukaan planet.

~Permukaan dan atmosfer kelihatan menyatu seperti bola gas.

~Planet yupiter memiliki 16 satelit dan yang paling besar antara lain lo, europa, ganymeda, dan callisto.

~Yupiter juga memiliki berjuta-juta satelit kecil sehingga membentuk sistem cincin yang tipis dan kelihatan transparan.


6. Saturnus


~Saturnus termasuk planet yang besar dan merupakan teridah untuk dipandang. Keindahan tersebut karena adanya cincin yang melingkarinya yang terdiri dari bongkahan es atau batu kerikil yang dilapisi es. Planet ini tampak berwarna kekuning-kuningan.

~Diameter planet ini 120.536 km. Jaraknya dari matahari kira-kira 1.428 juta km. Kala revolusinya 29,5 tahun dan kala rotasinya kurang lebih 10,7 jam.

~Atmosfer saturnus terdiri dari hidrogen dan helium. Selain itu, ada juga gas metana, uap air, dan gas amoniak.

~Suhu di permukaan sangat rendah sehingga tidak mungkin ada kehidupan.

~Saturnus memiliki satelit sekitar 18 buah. Satelit yang besar adalah titan dengan diameternya 5.120 km.


7. Uranus


~Planet Uranus ditemukan oleh Sir Wilhem Herschell pada bulan maret tahun 1781 di inggris. Awalnya ia menduga kalau uranus adalah sebuah komet. Akan tetapi, penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa benda langit yang ia temukan adalah sebuah planet. Dia memberi nama uranus, yang menurut mitos yunani, uranus adalah ayah dari saturnus.

~Planet ini adalah planet pertama yang ditemukan dengan bantuan teleskop. Planet ini tampak berwarna hijau kebiru-biruan.

~Letaknya yang jauh dari matahari menyebabkan planet ini bertemperatur sangat rendah. Bagian atas atmosfernya terdiri dari gas helium, hidrogen, dan metana bertemperatur sekitar 210oC di bawah nol.

~Diameter planet ini hampir empat kali diameter bumi, yaitu 51.000 km. Jaraknya dari matahari 2.869 juta km. Kala revolusinya 84 tahun dan kala rotasinya 17 jam.

~Planet ini memiliki 15 satelit. Lima satelit yang terbesar adalah miranda, ariel, umbriel, titania, dan oberon. Titania merupakan satelit yang paling besar dengan diameter 1.580 km.

8. Neptunus


~Jika dilihat menggunakan teleskop, neptunus tampak berwarna kehijau-hijauan.

~Diameter sekitar 50.500 km. Jarak neptunus dengan matahari kira-kira 4.495 km

~Susunan atmosfernya sama dengan uranus, yaitu hidrogen, helium, dan metana.

~Planet neptunus sering juga disebut-sebut sebagai “kembaran uranus”.

~Planet ini ditemukan pada tahun 1846 atas kerja sama John Loweh Adams dari inggris dan Jean Joseph Le Verrier dari perancis.

~Pesawat angkasa yang pernah mendekati planet ini adalah Voyager 3 pada tahun 1989. Dari hasil pengamatan tampak planet ini berwarna biru cerah, tetapi agak redup karena jaraknya yang jauh dari matahari. Kala revolusinya 165 tahun. Kala rotasinya 18 jam.

~Planet ini memiliki 8 satelit. Tiga yang terbesar adalah proteus, triton, dan nereid.


Reactions

Post a Comment

0 Comments