Ad Code

Responsive Advertisement

PERANGKAT KERAS DAN SISTEM AKSES INTERNET

PERANGKAT KERAS DAN SISTEM AKSES INTERNET


A. PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

            Perangkat keras (hardware) merupakan perangkat elektronik yang membentuk sebuah komputer secara nyata. Pada prinsipnya, untuk dapat mengakses internet, perangkat keras yang dibutuhkan antara lain komputer, modem, atau perangkat penghubung komputer dengan jaringan yang terhubung dengan internet.

1. Komputer


            Komputer merupakan perangkat yang paling utama untuk dapat mengakses internet. Dengan menggunakan komputer, kita akan dapat mengakses atau dapat melihat keluaran dari akses internet. Tidak semua dapat digunakan untuk mengakses internet. Untuk dapat mengakses internet, diperlukan spesifikasi minimal yang harus dipenuhi. Kemampuan atau spesifikasi komputer yang diperlukan meliputi kemampuan processor, memori, serta monitor.

~ Processor


                     Processor disebut juga dengan otak dari komputer karena oleh processor, data yang masuk ke dalam komputer akan diproses sehingga menghasilkan keluaran yang dapat diterima oleh pemakai, baik berupa audio, visual, atau audio visual. Sebuah processor sangat penting bagi sebuah komputer karena kemampuan processor akan memengaruhi kemampuan komputer dalam memproses data, yang pada akhirnya akan memengaruhi kinerja komputer secara keseluruhan. Semakin tinggi kemampuan sebuah processor, maka semakin tinggi pula kemampuan komputer dalam memproses data.
                      Di dalam internet terdapat banyak sekali informasi dari tingkat sederhana hingga dengan tingkat kesulitan yang paling tinggi, dari hal-hal yang sederhana hingga hal-hal yang rumit. Dengan adanya keragaman dan banyaknya data maka untuk mengakses internet diperlukan komputer dengan kemampuan yang tinggi. Untuk mengakses internet, diperlukan processor dengan kemampuan minimal 60 MHz atau setara dengan kemampuan processor pentium I.


~ Memori


                     Memori adalah tempat tersimpannya data seperti pesan, gambar, suara, dan program aplikasi. Secara umum memori komputer dikelompokan menjadi dua, yaitu ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Acces Memory).
                     ROM merupakan memori komputer yang sifatnya tetap dan permanen. Memori ini selamanya akan ada dalam komputer dan kapasitasnya tidak bisa diubah, ditambah ataupun dikurangi. Sedangkan RAM adalah jenis memori yang memiliki sifat statis. Dalam pengoperasian program RAM sangat penting perannya berkaitan dengan kecepatan proses. Untuk menunjang proses akses internet diperlukan memori RAM dengan kemampuan minimal 16 Mb.


~ Monitor


                     Pada sebuah komputer, monitor merupakan salah satu perangkat output yang mengeluarkan hasil pemrosesan data secara visual. Hasil pemrosesan data yang ditampilkan pada monitor memiliki sifat soft copy yang artinya akan hilang apabila komputer dimatikan, atau dengan kata lain memiliki sifat sementara. Berdasarkan bentuknya, monitor dapat dibedakan menjadi 2, yaitu monitor CRT (tabung) dan LCD (flat). Terlepas dari jenis monitor yang digunakan, untuk mengakses data pada sebuah internet, sebuah komputer harus dilengkapi dengan monitor berbasis VGA ( Video Graphic Array) yang merupakan standar output grafik dasar.


~ Harddisk


                     Harddisk dalam sebuah komputer memiliki fungsi menyimpan data. Data yang tersimpan dalam harddisk antara lain sistem operasi, program, dan data-data yang diperlukan untuk mengakses internet. Untuk mengakses internet diperlukan kapasitas harddisk minimal 3,2 GB.


a. Komputer Server
Komputer server adalah suatu unit komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer. Komputer server akan melayani seluruh client atau workstation yang terhubung ke jaringannya.


b. Komputer Client
Komputer client adalah seperangkat komputer yang memungkinkan pengguna untuk mengakses servis atau layanan dari komputer server. Istilah komputer client bisa disebut dengan workstation atau node.


c. Kartu Jaringan


Kartu jaringan atau disebut dengan NIC (Network Interface Card) atau LAN CARD atau Etherned Card merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer. Kebanyakan kartu jaringan berjenis kartu internal, yaitu kartu jaringan yang dipasang pada slot ekspansi di dalam komputer.
Kartu jaringan ada di dalam komputer client dan komputer server agar dapat dijalankan dalam jaringan. Kartu jaringan memiliki dua fungsi utama, yaitu:
1. Piranti yang menyambungkan kabel dengan jaringan komputer.
2. Piranti yang menyediakan pengalamatan secara fisik. Artinya kartu jaringan memiliki kode            tertentu dan unik.


d. Kabel Jaringan
Beberapa contoh kabel jaringan adalah sebagai berikut:
1. Kabel UTP


    Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), secara fisik terdiri dari atas 4 pasang kawat medium, setiap pasang dipisahkan oleh lapisan pelindung. Kabel UTP mempunyai beberapa karakteristik, yaitu: kecepatan dan keluaran 10-100 Mbps, biaya rata-rata per node murah. Media dan ukuran konektor kecil panjang kabel maksimal yang diizinkan yaitu 100 meter (pendek).
2. Kabel koaksial


    Kabel koaksial terdiri atas konduktor slindris melingkar yang mengelilingi sebuah kabel tembaga inti yang konduktif. Kabel koaksial dapat digunakan tanpa banyak membuthkan bantuan repeater sebagai penguat untuk komunikasi jarak jauh. Kabel koaksial memiliki ukuran beragam. Diameter yang besar memiliki transmisi panjang dan menolak noise. Nama lain dari kabel ini adalah “thicknet”. Contoh kabel koaksial dalam kehidupan sehari-hari yaitu: kabel tv. Kabel koaksial memiliki beberapa karakteristik, yaitu: kecepatan dan keluaran 10-100 Mbps, biaya rata-rata per node murah, media dan ukuran konektor medium, panjang kabel maksimal yang diizinkan yaitu 500 meter (medium). Kabel koaksial pada umumnya digunakan pada topologi bus dan ring.
3. Kabel fiber optic


    Jenis kabel fiber optic merupakan kabel jaringan yang jarang digunakan pada instalasi jaringan tingkat menengah ke bawah. Pada umumnya, kabel jenis ini digunakan pada instalasi jaringan yang besar dan pada perusahaan multinasional serta digunakan untuk antar lantai atau gedung. Fiber optic harganya lebih mahal dibandingkan media lain. Beberapa keuntungan menggunakan kabel fiber optic, yaitu: kecepatan jaringan fiber optic beroperasi pada kecepatan tinggi. 
Bandwith, fiber optic mampu membawa paket-paket dengan kapasitas besar. Distance yaitu sinyal-sinyal dapat di transmisikan lebih jauh tanpa memerlukan perlakuan “refresh” atau “diperkuat”. Kabel-kabel fiber optic membutuhkan biaya alternatif mahal. Fiber optic memiliki beberapa karakteristik yaitu: kecepatan dan keluaran 100+ Mbps, biaya rata-rata per node cukup mahal, media dan ukuran konektor kecil, panjang kabel maksimal yang diizinkan yaitu 2 Km.


e. Connector


Connector adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan kabel dengan komputer, untuk jaringan komputer dikenal dengan istilah RJ45 yang merupakan konektor standar untuk kabel ethernet categori 5, serta biasanya digunakan untuk kabel UTP.


f. Hub / switch



Hub / konsentrator adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kebel jaringan dari tiap-tiap workstation, server, atau perangkat lain. Keuntungan menggunakan hub adalah fleksibelitas yang dimiliki, sehingga setiap client dapat ditambahkan setiap waktu tanpa mengganggu jaringan yang sedang beroperasi.


g. Bridge

Bridge adalah sebuah perangkat yang menghubungkan beberapa jaringan untuk mendapatkan jaringan yang efisien. Kebanyakan bridge dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap segmen komputer pada jaringan di sekitarnya. Bridge juga dapat digunakan untuk koneksi jaringan yang menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun tropologi yang berbeda pula.



2. Modem
            Modem merupakan singkatan dari modulator demodulator. Fungsi utama dari modem adalah menghantarkan dan menerima data dari sebuah PC ke sebuah PC yang lain melalui jaringan telepon. Modulasi demodulasi dapat diartikan sebagai denyut elektronis dari komputer menjadi suara sehingga dapat dihantarkan melalui jaringan telepon.
            Prinsip kerja modem dalam mengubah sinyal adalah sebagai berikut:
a. Sinyal dikirimkan melalui jaringan telepon
b. Modem akan menerima sinyal tadi untuk kemudian diubah menjadi denyut 
    elektronis.
c. Sinyal yang telah diubah menjadi denyut elektronis kemudian dikirmkan ke 
    komputer untuk diproses dalam processor.
d. Komputer akan menerjemahkan denyut elektronis yang masuk untuk kemudian 
    dikeluarkan dalam bentuk audio maupun visual.


            Dalam akses internet, kecepatan modem sangat memengaruhi kecepatan akses internet. Kecepatan modem yang disyaratkan untuk dapat mengakses internet adalah 28,8 kbps. Karena peran modem yang sangat penting, maka yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan modem antara lain sebagai berikut:

a. Jenis modem

     Berdasarkan letak dan sambungan dengan komputer, modem dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:
~ Modem eksternal



       Berdasarkan namanya, modem eksternal memiliki ciri-ciri yaitu letaknya yang berada di luar komputer, sehingga modem ini berdiri sendiri untuk kemudian disambungkan dengan CPU. Kelebihan dari modem ini adalah cenderung kompatibel dengan hampir semua jenis komputer sehingga mudah dalam pemasangan dan dapat dipakai di hampir semua jenis komputer. Kekurangan modem eksternal adalah karena letaknya yang berada di luar CPU sehingga modem eksternal ini cenderung memakan tempat karena untuk meletakkannya diperlukan tempat tersendiri, di samping itu harganya relatif mahal.


~ Modem internal

       Modem internal adalah jenis modem yang dipasang pada bagian dalam CPU misalnya pada slot PCI (atau pada motherboard tertentu sudah dilengkapi modem dan pabriknya). Karena letaknya di dalam CPU, modem ini tidak memerlukan tempat tersendiri. Kekurangan dari modem internal adalah sifatnya yang tidak kompatibel dengan semua jenis komputer sehingga jenis modem ini tidak dapat digunakan untuk semua jenis komputer.


b. Kecepatan modem
            Kecepatan modem adalah kemampuan atau kecepatan modem untuk mengubah sinyal menjadi denyut elektronis untuk kemudian diproses dalam komputer. Dengan kemampuan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa semakin tinggi kemampuan modem maka, proses penerjemahan sinyal menjadi denyut elektronis akan semakin cepat. Untuk pemilihan modem berkaitan dengan kecepatan adalah pemilihan modem dengan kecepatan yang memenuhi syarat minimal. Makin tinggi kecepatan modem akan semakin baik, tentu saja dengan konsenkuensi harga yang semakin tinggi.


c. Kompresi
            Kompresi adalah kemampuan modem untuk mengompres atau memadatkan data yang dikirm melalui telepon. Suatu proses kompresi akan mengakibatkan kapasitas data menjadi kecil sehingga diharapkan data akan semakin cepat diterjemahkan menjadi denyut elektronis yang pada akhirnya dapat lebih cepat ditransfer ke dalam komputer.


d. Error correction
            Saluran telepon termasuk saluran yang sangat sensitif, karena data yang dikirimkan melalui jaringan telepon mudah mendapatkan gangguan. Sebuah modem yang dilengkapi dengan kemampuan error correction dapat mendeteksi dan mengoreksi error yang ditimbulkan sebagai akibat pengiriman melalui jaringan telepon tersebut.



3. Perangkat Penghubung dan Jenis Pelayanan Koneksi Internet
            Untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet, diperlukan perangkat penghubung PC dengan jaringan yang ada. Perangkat penghubung yang dibutuhkan berkaitan dengan menghubungkan komputer dengan internet, diantaranya:
a. Dial Up
            Akses internet melalui kabel telepon secara langsung biasa disebut dengan dial up. Prinsip dari dial up adalah jenis komunikasi yang menggunakan modem dan saluran telepon biasa untuk dapat berhubungan dengan komputer atau provider internet yang memanfaatkan saluran internet sebagai saluran utamanya. Kelebihan menggunakan telepon kabel adalah jaringan yang luas dan tidak terganggu dengan keadaan cuaca.

b. Mobile Acces

            Mobile acces merupakan layanan akses internet yang dapat digunakan dengan mudah dan praktis melalui telepon selular. Layanan telepon selular ini ada yang berbasis GSM dan CDMA. GPRS merupakan sistem transmisi berbasis paket untuk GSMyang menggunakan prinsip ‘tunneling’. GPRS adalah perangkat pemancar yang menggunakan gelombang radio. Untuk mengakses internet dengan GPRS diperlukan perangkat pemancar gelombang radio serta penerima gelombang radio, diantaranya adalah telepon selular yang dilengkapi dengan fasilitas GPRS. Karena GPRS menggunakan gelombang radio sebagai penghantar, maka akses internet dapat dilakukan kapan saja, di mana saja, serta dalam kondisi apapun (bergerak atau berhenti) dengan catatan tersedianya perangkat penerima dan adanya gelombang yang dapat ditangkap perangkat tersebut yang disebut dengan antena. Antena digunakan untuk menerima sinyal yang dikirimkan oleh ISP melalui gelombang elektromagnetik.


d. Hotspot / Wireless

            Kartu WiFi pada prinsipnya hampir sama dengan kartu ponsel. Fungsi kartu ini adalah menghubungkan sebuah PDA atau notebook dengan jaringan khusus WiFi. Gelombang WiFi memiliki frekuensi yang tinggi (2,4 GHz). Dengan menggunakan WiFi, kita akan dapat mengakses internet, dengan catatan kita berada dalam area yang memiliki sinyal WiFi.


e. Leased Line

             Jaringan dedicated atau leased line adalah media komunikasi yang secara kontinu digunakan untuk menghubungkan titik-ttik yang ingin berkomunikasi. Media komunikasi ini ditujukan untuk bekerja tanpa henti, tanpa dibagi oleh siapa pun. Koneksi merupakan media koneksi dengan kecepatan tinggi, dan tingkat reliabilitas tinggi baik dalam menghantarkan suatu data. Bandwith biasanya 64 Kbps hingga Mbps. Media kabel yang digunakan adalah kabel tembaga dengan synchoronous serial atau sering disebut sistem komunikasi DSL.


f. VSAT

            VSAT ( Very Small Aperture Terminal) adalah perangkat yang disebut sebagai satelit ground station dilengkapi dengan dish antenna untuk mengakses satelit dalam rangka melakukan relay data dari suatu terminal ke terminal lain.


            Contoh lain adalah penggunaan jaringan TV kabel / TV satelite. Untuk mendapatkan akses internet dengan TV kabel, kita harus berlangganan TV kabel yang menyediakan akses interet. Di samping itu kita harus mempersiapkan perangkat keras dan perangkat lunak khusus yang digunakan untuk akses internet melalui TV kabel. Akses internet ini tidak menggunakan jaringan telepon maka kita tidak akan terganggu dengan sibuknya jaringan karena aktivasi dari TV kabel cenderung stabil (tidak sama dengan telepon yang pada saat tertentu terjadi gangguan jaringan yang sibuk).





B. PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

            Perangkat lunak merupakan sekumpulan program yang bekerja mengendalikan sistem pada komputer. Secara umum, untuk mengakses internet diperlukan 2 software, yaitu sofware sistem operasi serta sofware aplikasi.

~ Software Sistem Operasi
       Software sistem operasi adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi utama mengendalikan sistem kerja komputer secara mendasar. Sofware sistem akan mengatur kerja komputer beserta perangkat input dan outputnya. Untuk dapat melakukan akses internet diperlukan sebuah sistem operasi Windows atau sistem operasi lain yang setara dengannya misalnya Linux, MAC, dan lainnya.

~ Software Aplikasi
       Software aplikasi digunakan untuk mengakses layanan yang ada dalam internet. Jadi, dengan kata lain, software aplikasi yang diperlukan tergantung jenis layanan internet yang akan diakses.

Secara umum, software yang diperlukan untuk akses internet antara lain sebagai berikut.
1. Browser
       Browser adalah fasilitas internet untuk menjelajahi alamat website dan mendapatkan informasi. Agar sebuah komputer memiliki akses browser diperlukan instalasi software browser, antara lain: Internet Explorer, Netscape Communikator, Mozzila Firefox dan Opera

2. FTP
       Untuk dapat menggunakan FTP atau transfer data dari komputer lain diperlukan software FTP, diantaranya: Cute FTP, Go!Zilla, FileZilla dan WSFTP.

3. Email
       Email adalah software yang digunakan untuk mengirimkan surat secara elektronik melalui internet. Untuk dapat menyediakan fasilitas tersebut, diperlukan software yang memiliki kemampuan menggunakan email, diantaranya: Microsoft Outlook, Internet mail dan Nestcape mail.

4. Chatting
       Untuk melakukan chatting, diperlukan sofware untuk menjalankan chatting, antara lain: MIRC, Yahoo Messenger, dan ICQ.

Reactions

Post a Comment

6 Comments